Friday, November 14, 2008

Berbaik sangka kepada Allah

"...... boleh jadi apa yang kamu benci/tidak kamu sukai adalah yang terbaik untukmu, dan boleh jadi apa yang engkau anggap baik adalah yang terburuk untukmu. Dan Allah maha mengetahui apa yang engkau belum ketahui". Terjemahan dia atas adalah kutipan terjemahan dari Al-Baqarah ayat 216 (2:216). Seringkali kita berhadapan dengan permasalahan dunia yang sepertinya kita anggap menyakitkan. Tetapi, kita tidak tahu apakah permasalahan tersebut betul-betul menyakitkan atau ada rencana Allah dibalik semua itu. Dan terkadang sebaliknya, kita terlena dengan sesuatu yang kita anggap menyenangkan, padahal sesuatu tersebut tidak baik untuk kita.
Pemilu AS 2000, dimana dua calon kandidat kuat Bush dan Al-Gore bertarung untuk memperebutkan kursi AS 1 berakhir sangat dramatis. Kemenangan Bush dan Al-Gore hanya selisih 1.784 suara. Dan dengan jantan Al-Gore memberi ucapan selamat dan berkata "Kalaupun aku menang, sebetulnya aku tidak menang. sebab kata ayahku kemenangan dan kekalahan hanyalah untuk memuliakan diri kita". Dan terbukti, pada akhirnya Al-Gore mendapatkan Nobel Perdamaian atas perhatiannya terhadap pemanasan global. Dan sebaliknya, Bush diklaim sebagai presiden terburuk sepanjang sejarah AS. Kejantanan Al-Gore terulang lagi oleh Mc Cain, yang dengan jantan mengakui kekalahannya atas Obama sesaat setelah pengumuman pemenang pemilu 2008 di AS.
Saat pemilihan rektor ITS beberapa tahun lalu, Pak Nuh adalah salah satu kandidat kuat. Tetapi hasilnya di luar dugaan, Pak Probo lah yang menjadi rektor terpilih. Barangkali Allah berencana lain dengan kegagalan yang dialami Pak Nuh, terbukti karir Pak Nuh lebih melejit saat beliau ditunjuk menjadi MENKOMINFO, ilmu yang dimilikinya tidak hanya dinikmati oleh orang-orang di lingkungan ITS, tetapi manfaat ilmunya dapat dirasakan oleh masyarakat Indonesia.
Hidup ini akan lebih membahagiakan apabila kita dapat menyikapinya dengan bijak. Yakinilah, apapun yang Allah berikan kepada kita adalah yang terbaik untuk kita. Apapun yang Allah berikan kepada kita semata-mata berdasar kasih dan rahmatnya.

No comments: